Persiapan Menuju Gemastik 8 di Sosialisasi Gemastik 8


27 May 2015


Sosialisasi Gemastik telah terlaksana pada Kamis, 21 Mei 2015. Kegiatan ini dilangsungkan di Universitas Gadjah Mada, tepatnya di Grha Sabha Pramana lantai 1. Tidak hanya diikuti oleh mahasiswa UGM saja, sosialisasi tahun ini mengundang seluruh mahasiswa di universitas yang berlokasi di Yogyakarta. Dengan demikian, Sosialisasi Gemastik tahun ini dihadiri oleh beragam mahasiswa dari bermacam-macam universitas.

 

Kegiatan sosialisasi ini dimulai pukul 15.50 dengan dibawakan oleh Dwi sebagai pembawa acara. Sosialisasi resmi dibuka dengan sambutan dari Bapak Senawi selaku Direktur Kemahasiswaan UGM. Di dalam pembukaan tersebut, Bapak Asnawi menyampaikan bahwa senang sekali mengetahui banyak mahasiswa dari berbagai universitas di Yogyakarta yang hadir. Beliau mengharapkan mahasiswa dapat lebih mengenal Gemastik dan tentunya berpartisipasi sebagai peserta di lomba IT akbar ini.

Setelah mengakhiri sambutan, Pak Mardhani mengawali sosialisasi dengan menjelaskan bagaimana lomba Gemastik tahun ini. Sebagai pembicara pertama, Pak Mardhani menjelaskan secara detail bagaimana kriteria peserta Gemastik itu. Perbincangan dilanjutkan dengan penjelasan 9 cabang perlombaan yang dilangsungkan di Gemastik 8. Ada beberapa point berbeda dengan Gemastik tahun lalu, terutama pada penamaan beberapa cabang perlombaan. Pak Mardhani tidak melewatkan untuk menampilkan bagaimana background juri untuk Gemastik. Setelah memberikan banyak pesan untuk calon peserta Gemastik, Pak Mardhani mengakhiri dengan mengingatkan untuk segera melakukan pendaftaran. Jadi, segeralah mendaftar Gemastik 8!

Pembicara kedua kali ini dapat dikatakan sudah berpengalaman mengikuti ajang perlombaan Gemastik. Tepatnya tahun lalu, Hardian Prakasa bersama timnya berhasil menjuarai dua cabang lomba, yaitu Piranti Cerdas dan Keamanan Jaringan. Pada kesempatan kali itu, Hardian berbagi pengalamannya mengikuti perlombaan Gemastik. Banyak tips yang ia bagi di sosialisasi lalu. Dalam mengikuti Gemastik, buatlah tim yang solid, bacalah peraturan secara mendetail dan lengkap, buatlah sesuatu yang mampu menyelesaikan masalah sesederhana apapun itu, terakhir, buatlah pengembangan ide yang tidak rumit, tetapi jelas dan mampu dipahami juri.

Setelah Hardian mengakhiri perbincangan dengan memberikan motivasi untuk mengikuti Gemastik 8, Pak Ridi menyampaikan 8 Cara Bahagia di Gemastik 8. Sebagai pembicara terakhir,  Pak Ridi banyak menyampaikan point-point motivasi untuk dapat berpartisipasi di Gemastik dengan perasaan bahagia. Bagian yang sangat penting dalam Gemastik adalah membentuk sebuah tim. Pada penyampaiannya, Pak Ridi memberitahu pada seluruh hadirin, dalam membentuk tim untuk kegiatan apapun, bentuklah tim yang bahagia, tetap solid, dan bisa berbagi satu sama lain.

 

Akhirnya, tibalah di sesi tanya jawab hadirin kepada pembicara. Dari sesi ini didaptkan 3 penanya. Ada yang menanyakan tentang kategori desain UX, pengembangan bisnis TIK, dan piranti cerdas. Dari sesi tanya jawab ini dapat dilihat antusias hadirin sejak acara sosialisasi itu dimulai. Menjelang pukul 17.30, sesi tanya jawab berakhir. Pembawa acara pun menutup kegiatan sosialisasi ini dengan berdoa. Dengan demikian, kegiatan Sosialisasi Gemsatik 8 berlangsung dengan sukses dan lancar.

Silahkan unduh materi sosialiasi Materi Sosialisasi 1

Materi Sosialisasi 2


Diselenggarakan Oleh


Universitas Gadjah Mada dan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi

KONTAK KAMI

Panitia Pagelaran Mahasiswa Nasional bidang TIK ke 8

  • Direktorat Kemahasiswaan, Universitas Gadjah Mada

  • Bulaksumur, Yogyakarta 55281, Indonesia

  • (0274) 515660

  • gemastik@ugm.ac.id

Disponsori Oleh :